10 KESALAHAN UMUM YANG TIDAK DILAKUKAN ORANG SUKSES TERHADAP UANGNYA

Mengelola uang secara efektif dan terampil adalah kunci keberhasilan. Para orang sukses membuat keputusan yang efektif terhadap uangnya, dimulai dari awal kehidupannya. Seperti bidang dalam kehidupan, sangat penting untuk mendidik diri sendiri tentang ancaman dan tantangan dari dunia. Meluangkan beberapa waktu sejenak untuk menguasai sejumlah prinsip utama akan terbayar di tahun-tahun mendatang.

1. Mereka tidak mengeluarkan terlalu banyak uang; mereka justru hidup sesederhana mungkin

Hidup sesederhana mungkin adalah keterampilan pengelolaan uang yang sangat penting. Beberapa orang terkaya di dunia telah mengambil prinsip ini dan meletakkannya didalam pikiran mereka. Misalnya Sir John Templeton, seorang investor legendaris yang menjadi miliarder.

Ia sering menyimpan sekitar 50% pendapatannya bahkan ketika ia tumbuh di dunia yang sangat sederhana. Jika jumlah tersebut lebih dari yang bisa anda kelola, jangan khawatir karena anda masih dapat mencapai kesuksesan finansial dengan menyimpan sekitar 10-15% dari penghasilan anda.

Tips: Mempelajari hidup sederhana membutuhkan waktu. Mulailah dengan mencari cara efektif untuk menghemat uang.

2. Mereka tidak terpaku pada harga, mereka hanya memahami pentingnya sebuah nilai

Harga yang anda bayar untuk investasi, membeli makan atau sepotong pakaian hanya bagian dari cerita. Para orang sukses juga berpikir tentang nilai baik dari itu semua. Untuk investasi, mereka akan mempertimbangkan prospek untuk menumbuhkan investasi di masa depan.

Untuk barang-barang pribadi, mereka mencari produk-produk berkualitas tinggi agar tahan lama. Misalnya, sepasang sepatu dibeli seharga US$ 200 atau lebih, tetapi sepatu ini dapat bertahan selama bertahun-tahun dengan perawatan yang tepat.

Tips: Membeli produk-produk berkualitas tinggi sehingga dapat tahan lama.

3. Mereka tidak menghambur-hamburkan uangnya pada biaya lain dan bunga; mereka tahu bagaimana mengelola transaksi perbankannya

Membawa keseimbangan didalam kartu kredit anda adalah sebuah hal yang sangat mahal harganya dan sayangnya, umum terjadi. Menurut CNN, rata-rata rumah tangga Amerika mempunyai hutang kartu kredit senilai lebih dari US$ 15.000. Para orang sukses juga mengawasi biaya dan merincikan seberapa besar transaksi perbankannya untuk membayar penggunaan ATM dan transaksi lainnya.

Pengeluaran-pengeluaran ini sangat mudah untuk dihindari dengan melakukan perencanaan setelah anda memahami bagaimana sistem ini bekerja. Cukup meninjau rekening keuangan anda selama 5-10 menit setiap bulan adalah semua hal yang diperlukan untuk memahami pengeluaran anda.

4. Mereka tidak lupa untuk menyesuaikan finansialnya setelah berhasil melakukan perubahan besar didalam hidupnya

Apakah anda baru menikah dalam waktu dekat ini? Apakah anda merupakan seorang pasangan yang namanya telah disebutkan didalam surat wasiat? Ini adalah beberapa poin yang dilakukan para orang sukses dengan mengelola finansialnya secara efektif.

Meskipun anda dapat mengotomatisasi perihal finansialmu, sangatlah penting untuk melakukan penyesuaian terlebih dahulu ketika hidup dan keadaan keluarga anda berubah secara signifikan. Anda dapat melakukannya sendiri atau dengan pakar keuangan setidaknya setahun sekali untuk meninjau hidup dan rencana keuanganmu, ini adalah cara terbaik untuk tetap bertahan diatas perubahan yang signifikan.

Tips: Atur keuangan anda untuk jangka panjang dengan perencanaan kepemilikan harta.

5. Mereka tidak puas dengan pendapatan yang tersedat; mereka selalu mencari cara untuk meningkatkan pendapatannya.

Beberapa orang tidak pernah meminta uang lebih banyak atau hanya puas ketika gajinya meningkat sekitar 1-3%. Namun sayang, di era perkembangan yang kian modern ini pertumbuhan pendapatan semakin meningkat dan anda hanya diam saja; hal ini akan menyebabkan inflasi secara perlahan menggerogoti daya beli anda.

Sebaliknya, para orang sukses mencari cara untuk memperoleh penghasilan secara lebih. Peningkatan pendapatan memberikan anda lebih banyak pilihan untuk kesenangan pribadi, kapasitas yang lebih untuk memberikan uang dan rasa aman.

Para orang sukses sering mengambil tindakan sehari-hari untuk meningkatkan pendapatan mereka. Misalnya, mereka mengambil kursus untuk meningkatkan keterampilannya atau mereka menyumbangkan ide untuk meningkatkan produktifitas perusahaan mereka. Mereka juga tahu bagaimana caranya untuk meminta uang lebih banyak.

6. Mereka tidak mengabaikan laporan keuangan

Mencapai kesuksesan finansial membutuhkan beberapa kebiasaan yang pelan dan pasti. Hal ini termasuk membentuk kebiasaan untuk memantau laporan keuangan anda. Para orang sukses kerap mengatur waktu setiap bulannya, sekitar 30 sampai 60 menit, untuk meninjau semua rekening keuangan seperti investasi, rekening bank, kartu kredit dan masih banyak lagi. Ketika mereka mendeteksi adanya kesalahan atau kelalaian didalamnya, mereka akan langsung mengambil tindakan.

Tips: Aturlah pengingat berkala di kalender anda setiap bulannya untuk meninjau akun keuangan anda.

7. Mereka tidak mengambil resiko bodoh didalam keuangan

Warren Buffet sering mengatakan, “Aturan nomor satu didalam hidup setiap manusia adalah jangan pernah kehilangan uang”. Semua investasi membawa beberapa ukuran resiko (dan saya perjelas disini, investasi berpotensi untuk kehilangan uang). Yang mengatakan, para orang sukses menggunakan dua alat yang kuat untuk menghindari kerugian. Mereka memahami nilai asuransi untuk mengendalikan resiko (misalnya rumah, mobil, dan asuransi jiwa) serta pentingnya alokasi aset.

Tips: Jika investasi tersebut terdengar baik untuk dijadikan sebuah kenyataan (atau jika anda tidak mengerti cara kerjanya), anda dapat melakukan itu secara bertahap dan mulai mengajukan banyak pertanyaan).

8. Mereka tidak berpura-pura untuk mengerti segalanya ketika datang untuk masuk ke dalam hal keuangan

Dunia adalah tempat yang luas dan kompleks, para orang sukses tahu dan sangat memahami kebenaran ini. Ketika mereka datang untuk masuk ke dalam hal keuangan, ada banyak informasi di luar sana. Itulah sebabnya para orang sukses seperti Warren Buffet sangat memahami batas-batasnya dan fokus pada kekuatannya.

Tips: Tinjau pengetahuan anda tentang uang dan investasi. Jika anda baru saja memulai, bacalah satu persatu atau dua buku tentang keuangan pribadi yang klasik. Atau anda bisa membaca buku yang berjudul “9 Can’t-Miss Secrets Behind Warren Buffett’s Wealth” untuk mendapatkan wawasan yang lebih dari salah satu investor paling tersukses di dunia.

9. Mereka tidak mengalihkan tanggung jawabnya kepada sang pakar

Para orang sukses tidak mencari nasihat dari para pakar, namun mereka tidak pernah menyerahkan tanggung jawabnya kepada siapapun. Sebagai contoh, sangat wajar untuk mencari nasihat dari seorang akuntan pajak didalam merencanakan urusan finansial anda. Namun, para orang sukses meluangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan mengevaluasi orang-orang yang memberikan saran kepada mereka.

Tips: Ketika anda mencari saran dari para pakar seperti seorang akuntan dan pengacara, mengajukan pertanyaan dan berusaha untuk memiliki saran yang menjelaskan kepada anda. Jika tidak, maka sangat sulit untuk bertindak atas saran yang diberikan.

10. Mereka tidak mengejar uang untuk menanggulangi nilai-nilai lainnya

Mencari kesuksesan finansial adalah tujuan yang sah. Sumber finansial yang signifikan memberikan anda lebih banyak pilihan untuk memberikan rasa kepercayaan. Ini juga berarti peningkatan akses ke dalam teknologi, kesehatan dan rekreasi. Namun para orang sukses memahami bahwa keberhasilan finansial hanyalah salah satu aspek dari kehidupan yang sukses. Misalnya mengabaikan kesehatan demi mengejar uang adalah strategi yang sangat buruk.

Tips: Tinjau tujuan pribadi anda untuk melihat apakah anda memiliki keseimbangan antara tujuan keuangan, tujuan karir tujuan keluarga dan tujuan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *